Mana yang Lebih Menguntungkan Berinvestasi Rumah atau Apartemen?

Investasi memang banyak bentuknya. Bukan hanya investasi berupa emas dan saham di perusahaan. Investasi juga bisa berupa aset properti seperti rumah dan apartemen. Kedua aset tersebut memang bukanlah aset yang memiliki nilai rendah namun justru merupakan aset bernilai tinggi. Saat ini banyak orang yang tertarik dengan aset properti. Bisa dijadikan sebuah usaha atau bisnis , juga bisa digunakan sebagai investasi masa depan. Rumah maupun Apartmen sebenarnya adalah kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Namun jika kebutuhan ini bisa menghasilkan dan menguntungkan kenapa tidak?

Tentu anda bertanya bagaimana berinvestasi dengan menggunakan rumah ataupun apartmen? Ya, seperti yang Anda ketahui, harga aset properti baik tanah maupun bangunan setiap tahunnya cenderung meningkat. Tentu itu menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Selain merupakan suatu peluang bisnis yang menjanjikan, aset properti berupa rumah dan apartemen ini juga bisa menjadi invetasi yang cerah untuk masa depan Anda. Anda memiliki sebuah rumah pun itu juga sudah merupak sebuah usaha investasi. Misalnya saja Anda membeli sebuah rumah dengan harga Rp 100 juta saat ini, bisa jadi lima tahun mendatang rumah Anda bisa ditaksir sampai Rp 150 atau Rp 200 juta rupiah. Sangat menguntungkan bukan?

 

Jika orang umum berfikir rumah hanya digunakan sebagai hunian atau tempat tinggal, Anda bisa memanfaatkannya juga sebagai investasi masa depan. Lalu bagaimana bisa dikatakan bahwa rumah ataupun apartemen bisa menjadi investasi yang baik? Ciri-ciri aset properti dikatakan bisa menjadi investasi yang baik dan cerah adalah aset properti tersebut berada di lingkungan yang ramai apalagi jika berada di daerah perkotaan. Ciri yang lain adalah dekat dengan jalan tol, berada di lingkungan yang aman, dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, supermarket maupun pasar. Jika aset atau properti anda berada atau mempunyai ciri-ciri pasti sangat menguntungkan jika digunakan sebagai investasi.

 

Namun yang menjadi pertanyaan, manakah yang paling baik diantara rumah dan apartemen untuk digunakan sebagai investasi? Sebenarnya kedua nya sama-sama mempunyai propek yang cerah jika digunakan sebagai investasi. Namun jika ingin diperhatikan lagi, keduanya memiliki kelebihan dan kekurannya masing- masing. Nah, untuk mengetahui mana yang lebih baik antara investasi dengan rumah atau investasi dengan apartemen, sebaiknya anda simak ulasan berikut ini mengenai kekurangan dan kelebihan kedua aset properti tersebut. Selamat menyimak.


rumah

Kelebihan investasi rumah

Lebih mudah dijual. Kelebihan pertama yang ana dapatkan jika anda menggunakan rumah sebagai investasi adalah rumah lebih mudah untuk dijual. Seperti yang di ketahui, bahwa setiap orang membutuhkan tempat tinggal, maka akan lebih menjual rumah karena banyak orang yang membutuhkan tempat tinggal.

 

Lebih mudah jadi jaminan kredit di bank. Kelebihan yang kedua adalah rumah lebih mudah digunakan sebagai jaminan kredit di bank. Jika Anda mengajukan kredit tentulah harus ada jaminannya bukan? Nah, aset berupa rumah ini memiliki kelebihan yaitu anda bisa gunakan rumah sebagai agunan atau jaminan untuk kredit di bank. Menaikan harga setiap tahunya lebih tinggi daripada apartemen. Nah, yang menjadi kelebihan rumah sebagai investasi yang baik adalah harga nya yang mengalami kenaikan yang lebih tinggi daripada apartemen. Tentu sangat menuntungkan jika anda menggunakan rumah sebagai investasi masa depan anda.

 

Kekurangan investasi rumah

Selain kekurangan, investasi dengan menggunakan rumah juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangan jika anda menggunakan rumah sebagai aset investasi Anda. Penyusutan bangunan. Kekurangan yang ada jika Anda menggunakan rumah untuk investasi adalah bangunan mengalami penyusutan hampir 10 persen setiap tahunya, jadi mememrlukan perbaikan jika ingin dijual kembali. Tentu akan memakan biaya lebih untuk melakukan perbaikan rumah.

 

Harus ada asuransi. Kekurangan yang lainnya adalah anda memerlukan asuransi jika menggunakan rumah sebagai investasi. Karena jika terjadi pertiwa yang tidak diinginkan seperti kebakaran anda tidak perlu khawatir lagi. Namun konsekuensinya Anda mengeluarkan biaya lagi untuk asuransi.

Rusak jika tidak dirawat. Kekurangan yang terakhir adalah rumah bisa saja rusak jika tidak dihuni. Jadi anda harus mencarikan penyewa atau orang yang bisa merawat rumah tersebut sehingga tidak mudah rusak. Itulah beberapa kelebihan dan kekuragan yang ada jika anda menggunakan rumah sebagai investasi, sekarang silahkan simak kekurangan dan kelebihan dari apartemen.

 

apartemenKelebihan investasi apartemen

Fasilitas lengkap. Kelebihan pertama yang bisa anda dapatkan jika anda menggunakan apartemen sebagai investasi adalah fasilitas yang ada di dalam apartemen umumnya sudah lengkap. Jadi anda tidak perlu lagi memberikan fasilitas yang lebih. Tentu akan menghemat biaya yang dikeluarkan. Harga apartemen lebih murah. Kelebihan selanjutnya yang dimiliki apartemen adalah harga apartemen lebih murah dibandingkan dengan rumah. Tentu yang dimaksud disini adalah apartemen dengan tipe studio lebih murah jika dibandingkan dengan harga rumah tapak tipe 45. Ini tentu menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk Anda.

Harga sewa lebih tinggi. Kelebihan yang lain adalah harga sewa apartemen lebih tinggi dibandingkan dengan harga sewa rumah. Tentu ini menjadi kelebihan yang menguntungkan bagi Anda.

 

Kekurangan investasi apartemen

Sama seperti rumah, tentu selain kelebihan, apartemen juga mempunyai kekurangan. Berikut kkurangan yang ada jika anda menggunakan apartemen sebagi investasi. Tidak ada hak guna bangunan. Kekurangan pertama yang dimiliki apartemen jika menggunaknnya sebagai investasi adalah anda tidak memiliki hak guna bangunan atas apartemen yang anda miliki karena apartemen tidak berdiri di atas tanah. Tidak bisa renovasi. Kekurangan selanjutnya adalah anda tidak bisa melakukan renovsi bangunan jika bangunannya tidak sesuai keinginan. Yang hanya bisa dilakukan adalah merenovasi atau merubah desain interiornya saja.

Biaya rutin lebih tinggi. Kekurangan ketiga adalah apartemen lebih membutuhkan biaya rutin yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah. Biaya rutin ini meliputi biaya telepon, biaya listrik dan biaya perawatan apartemen.

Nilainya lebih rendah. Kekurangan keempat jika anda menggunakan apartemen sebagai aset investasi adalah nilainya lebih rendah dari rumah jika anda gunakan sebagai jaminan atau agunan untuk mengajukan kredit atau pinjaman.

Masalah kecil bisa merembet. Dan kekurangan yang terakhir adalah jika terjadi masalah kecil yang terjadi di unit lain, itu juga pasti terjadi juga di unit apartemen anda. Misalnya saja pipa air yang rusak maka unit apartemen anda juga mengalami hal yang sama. Rumah dan apartemen merupakan investasi yang bagus. Namun dengan melihat kekurangan dan kelebihan dari masing-masing aset properti ini yaitu apartmen dan rumah tentu anda sekarang sudah mendapat gambaran aset properti apakah yang paling baik digunakan sebagi investasi. Sebenarnya, keduanya memiliki prospek yang sama dalam hal investasi. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk memilih salah satu dari dua aset properti tersebut sebaiknya anda mempertimbangkannya dengan cermat. Semoga bermanfaat.